Terapi Untuk Tenosynovitis De Quervain Syndrome

Diposting pada

Tenosynovitis de Quervain Syndrome. | Tenosynovitis de Quervain syndrome merupakan masalah peradangan yang terjadi pada area tendon ibu jari tangan. Ketika terjadi tenosynovitis de Quervain syndrome, Anda akan merasakan nyeri tiap saat anda melakukan aktifitas yang memerlukan bantuan pergelangan tangan, seperti menurunkan dan menaikkan pergelangan tangan, memegang beban atau menggenggamkan tangan.

Tenosynovitis de Quervain Syndrome
Tenosynovitis de Quervain Syndrome

Sekilas Tentang Tenosynovitis de Quervain syndrome

Meskipun sebenarnya penyebab dari tenosynovitis ini tidak diketahui, namun beberapa ahli berasumsi bahwa aktivitas tangan dan pergelangan tangan yang berulang – ulang. Aktivitas itu seperti misalnya berkebun, bermain musik, olahraga (voli, bulu tangkis, basket dll), merajut, memasak, maupun aktivitas mengangkat bayi dapat memicu kondisi seperti ini.

Terapi untuk masalah tenosynovitis de Quervain syndrome cukup bervariasi, mulai dari mengurangi pergerakan dengan mengistirahatkan pergelangan tangan Anda, memberi obat, mengkompres dengan es, sampai melakukan tindakan pembedahan (operasi) pada kasus yang lebih serius. Jika penanganan terhadap masalah ini dilakukan sedini mungkin, semestinya akan muncul progres perbaikan terhadap gejala ini dalam empat sampai enam minggu.

Nama penyakit ini diambil dari nama dokter yang menemukannya, yaitu dokter Fritz de Quervain, seorang dokter bedah yang mempublikasikan lima pasien yang mengalami kekakuan serta nyeri pada sekitar pergelangan tangan, sekitar tahun 1895.

Tanda Dan Gejala Tenosynovitis de Quervain Syndrome

Tanda dan gejala utama dari penyakit ini adalah nyeri serta pembengkakan di area dasar ibu jari. Nyeri ini dapat muncul tiba-tiba lalu dapat bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Dan, jika kondisi ini telah berlangsung lama tanpa dilakukan terapi apapun, nyeri ini akan dapat menyebar ke seluruh area ibu jari dan telapak tangan.

Beberapa gejala yang dapat dirasakan saat terjadi masalah ini:

  • Ketika menggenggam atau menggerakkan pergelangan terjadi rasa sakit.
  • Nyeri di area dasar ibu jari
  • Pembengkakan yang terjadi di dasar ibu jari
  • Terdapat benjolan yang seolah terasa seperti berisi cairan di area terjadinya pembengkakan tersebut
  • Sulit untuk melakukan pergerakkan pada ibu jari dan pergelangan tangan saat Anda akan menggenggam tangan
  • Sensasi rasa seperti lengket atau tersendat pada ibu jari saat ingin digerakkan
  • Suara seperti terjadi gesekan saat tendon ibu jari akan digerakkan ke depan dan ke belakang tempat yang terjadi masalah tersebut.

Penyebab Tenosynovitis de Quervain Syndrome

Saat Anda menggenggam atau melakukan kegiatan yang bertumpu pada pergelangan tangan, Anda akan  mempergunakan tendon di pergelangan tangan dan ibu jari. Lazimnya, mereka akan bergerak tanpa hambatan melalui saluran yang menghubungkannya dengan dasar ibu jari. Pada kasus tenosynovitis de Quervain syndrome, lapisan yang melapisi tendon terjadi peradangan, sehingga dapat mengganggu pergerakan tendon.

Penggunaan yang berlebihan serta berulang – ulang pada pergelangan tangan, misalnya seperti menjemur baju berulang kali dan setiap hari. Hal ini dapat mengakibatkan iritasi pada lapisan pembatas antara 2 tendon tersebut. Sehingga dapat menyebabkan terjadinya masalah tenosynovitis de Quervain syndrome.

Penyebab lainnya antara lain :

  • Luka langsung yang terjadi pada pergelangan tangan atau tendon, serta bekas luka yang menimbulkan bekas sehingga membatasi pergerakan tendon.
  • Penyakit reumatoid arthritis.
  • Pekerjaan yang memerlukan banyak pergerakan tangan seperti contohnya pekerja kantoran, tukang kayu, serta pemain alat musik.
  • Posisi tangan dan pergelangan tangan yang tidak biasa, biasanya terjadi pada orang tua baru yang menggendong anaknya juga bisa memicu kondisi ini.
  • Faktor resiko umur yang bisa meningkatkan terjadinya tenosynovitis de Quervain syndrome pada usia tiga puluh hingga lima puluh tahun, dan masalah ini pada wanita didapati lebih banyak kasus dari pada pria.

Terapi untuk mengatasi pergelangan Tenosynovitis de Quervain Syndrome

Menghindari Tindakan Yang Berulang – Ulang

Hindari pergerakan yang berulang, istirahatkan pula ibu jari Anda, kompres dengan menggunakan air dingin /es untuk dapat meredakan peradangan, serta dapat pula mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri seperti ibuprofen, namun jika sakit ini tetap berlanjut setelahnya Anda dapat menghubungi dokter.

Anda dapat melakukan terapi di atas. Terapi akan dapat efektif jika dilakukan lebih dini, ketika sakit belum terlalu parah. Meskipun resiko merasakan nyeri dapat muncul jika Anda tetap melakukan gerakan yang berulang dan sama seperti yang memicu kondisi ini.

Tes Finkelstein dan Suntik Kortikosteroid

Dokter akan melakuan pemeriksaan pergelangan tangan Anda dengan melakukan tes Finkelstein. Tes tersebut adalah sebagai berikut :

Tenosynovitis de Quervain Syndrome
Tes Finkelstein
  • Ibu jari tangan yang terasa sakit ditekuk ke dalam telapak tangan,
  • kemudian digenggam oleh keempat jari tangan yang sama,
  • kemudian menggerakkan pergelangan tangan ke atas dan ke bawah arah kelingking.
  • Jika terasa sakit pada sisi ibu jari, maka tes ini positif, yang membantu meyakinkan diagnosis terhadap penyakit tenosynovitis de Quervain.

Setelah menemukan gejala penyakit tersebut, maka dokter mungkin akan memberi suntikan kortikosteroid untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Terapi Lanjutan

Jika dirasa tidak diperlukan adanya tindakan pembedahan, maka ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Diantaranya adalah dengan menghindari pergerakan tangan dan pergelangan tangan yang berulang, mengenakan gips yang diberikan oleh dokter, serta melakukan latihan yang dianjurkan oleh dokter.

Tenosynovitis de Quervain Syndrome
Memakai Gips untuk mengurangi pergerakan tangan
Pembedahan Minor

Pada kasus yang lebih serius, dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan tindakan pembedahan minor, dimana tidak diperlukan proses rawat inap, dimana selubung yang terjadi masalah akan dibebaskan, sehingga tendon mampu untuk bebas bergerak.

Tenosynovitis de Quervain Syndrome
Tindakan Pembedahan dilakukan jika dirasa penyakit lebih parah

Jika ternyata perlu dilakukan tindakan pembedahan, rasa nyeri akan dapat terasa hingga berbulan-bulan sampai akhirnya akan menghilang sama sekali. Dokter juga bakal menyarankan untuk melakukan gerakan yang dapat menguatkan serta gerakan yang harus dihindari.

Komplikasi Tenosynovitis de Quervain Syndrome

Mungkin Anda akan membatasi pergerakan tangan dan pergelangan tangan Anda. Hal ini untuk menghindari rasa nyeri jika Anda memilih untuk tidak melakukan terapi. Namun, dengan terbatasnya pergerakan, akan menimbulkan nyeri yang lebih besar suatu saat dan juga akan menyebabkan berkurangnya kekuatan serta fleksibilitas tangan anda, yang selanjutnya akan dapat membatasi pergerakan tangan Anda.

Pencegahan Terhadap Tenosynovitis de Quervain Syndrome

Karena penyebab dari tenosynovitis de Quervain syndrome belum dapat diketahui, jadi belum ada yang dapat mencegah kondisi ini. Jika Anda merasa mengalami nyeri pada pergelangan tangan setelah melakukan pergerakan yang berulang pada tangan dan telapak tangan Anda, maka disarankan untuk Anda menghindari kegiatan seperti misalnya memutar pergelangan tangan, menggenggam erat, menggenggam ibu jari serta menggerakkan pergelangan tangan ke kiri dan kanan.

One thought on “Terapi Untuk Tenosynovitis De Quervain Syndrome

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *