Cara Mengobati Perut Kembung Secara Alami

Diposting pada

Mengobati Perut Kembung. | Perut kembung biasa terjadi ketika saluran pencernaan kita sedang terisi oleh udara atau gas. Selain itu, bisa jadi disebabkan oleh proses pencernaan yang kurang lancar. Ketika asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat dicerna dengan baik, akhirnya gas terbentuk di dalam perut. Sehingga, hal ini dapat menimbulkan sensasi tak nyaman, penuh, begah, dan meregang.

Perut kembung bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari bayi, balita, anak kecil, remaja, dewasa, hingga tua, baik pria maupun wanita. Pada suatu kasus, perut kembung bisa terjadi bagi ibu – ibu pasca operasi melahirkan.

Mengobati Perut Kembung
Mengobati Perut Kembung

Tapi, Anda tak perlu khawatir, Anda bisa mengurangi keluhan perut kembung ini dengan cara mengobati perut kembung secara alami.

Meskipun sebenarnya tidak berbahaya, perut kembung bisa sangat mengganggu. Karena perut kembung kadang muncul dengan disertai nyeri yang mengganggu kegiatan kita sehari-hari. Dengan mengetahui cara mengatasi perut kembung, Anda bisa menghilangkan rasa tidak nyaman yang muncul, akibat dari kondisi perut kembung, yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Kenali Penyebab Perut Kembung

Kalau secara umum, seperti yang penulis paparkan di atas, perut kembung bisa disebabkan oleh konsumsi makanan berlebih, atau proses pencernaan yang kurang lancar. Pada orang tertentu, rasa kembung dapat mengakibatkan keluhan yang beragam, yang lebih dari rasa tidak nyaman.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan perut kembung, diantaranya adalah :

  • Angin berlebih dalam perut atau masuk angin
  • Sedang mengalami sembelit
  • Alergi terhadap makanan tertentu
  • Kemasukan udara, biasanya kondisi ini terjadi ketika kita makan sambil bicara
  • Mengalami gangguan psikologis baik itu gangguan pola makan, mengalami stress, depresi dan merasa cemas
  • Menjalani pengobatan tertentu
  • Menderita penyakit tertentu, seperti penyakit asam lambung, infeksi cacing pada usus, atau penyakit lainnya yang berhubungan dengan perut
  • Bertambahnya berat badan
  • Gangguan keseimbangan bakteri dalam saluran cerna

Cara Mengobati Perut Kembung Secara Alami

Ketika Anda menemukan artikel ini, mungkin saat ini Anda sedang mengalami masalah perut kembung. Beberapa kasus perut kembung dapat diselesaikan dengan cara yang alami, termasuk diantaranya dengan menjalani gaya hidup sehat dan mengkonsumsi makanan pereda perut kembung. Berikut adalah beberapa metode dalam mengobati perut kembung secara alami.

Mengkonsumsi Jahe

Jahe memiliki kemampuan untuk mempercepat kinerja pencernaan, sehingga gas mampu bergerak lebih cepat menuju usus kecil. Fungsi ini sangat berguna, untuk menghilangkan rasa tidak nyaman atau kembung dalam perut.

Anda bisa langsung mengkonsumsi Jahe dengan secara langsung mengunyahnya. Atau jika Anda tidak terlalu suka, Anda bisa memarutnya atau memotong kecil – kecil jahe tersebut, kemudian seduh dengan air hangat atau teh hangat.

Anda juga bisa mengkombinasikan jahe dengan sayuran hijau, kemudian dijadikan minuman jus.

Mengkonsumsi Daun Mint

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi daun mint adalah mampu mengeluarkan sisa gas di dalam perut. Selian itu, dapat pula mencegah kembung agar tidak menjalar, dan menjadikan kram pada perut.

Cara mengkonsumsinya ialah dengan menyeduh daun mint bersama secangkir teh hangat atau air hangat yang dikombinasikan dengan gula secukupnya.

Perpaduan Jintan dan Minyak Peppermint

Dengan mengkombinasikan jintan dan minyak peppermint juga mampu mengatasi perut kembung. Campuran dari kedua bahan tersebut, dapat menjadi bahan aktif yang sanggup membantu Anda yang memiliki riwayat penyakit maag.

Mengkonsumsi Teh Chamomile

Dengan meminum teh chamomile sebelum makan serta sebelum tidur, dipercaya dapat meredakan keluhan pada perut kembung. Karena teh chamomile dapat membantu mengurangi keluhan perut kembung dan gangguan pencernaan.

Mengobati Perut Kembung
Teh Chamomile dipercaya dapat membantu menghilangkan keluhan perut kembung
Cuka Sari Apel

Saat mengalami keluhan perut kembung, cobalah untuk melarutkan satu sendok makan cuka sari apel, ke dalam seduhan air hangat atau teh. Minumlah ketika sebelum makan, minum maksimal tiga kali dalam sehari, untuk meredakan keluhan perut kembung yang Anda alami.

Makanan Yang Mengandung Probiotik

Makanan Probiotik adalah makan yang mengandung bakteri baik yang dianggap mampu membantu sistem pencernaan serta mengurangi gas berlebih di perut. Beberapa makanan alami yang memiliki kandungan bakteri baik untuk usus Anda adalah yogurt, tempe, kefir, dan kimchi.

Membatasi Asupan Pemanis Buatan

Pemanis buatan cenderung memiliki kandungan zat yang tidak mampu dicerna dengan baik oleh pencernaan. Apalagi, bagi Anda yang sedang mengalami perut kembung, cobalah hindari makanan yang mengandung bahan satu ini.

Ketika sulit dicerna oleh pencernaan, akan memicu pengingkatan gas di dalam perut, sehingga terjadi perut kembung.

Kombinasi Makanan Yang Sesuai

Setiap jenis makanan, memiliki durasi cerna yang berbeda – beda di dalam usus. Jika digabungkan, makanan yang proses cernanya lambat maka akan mengalami proses cerna yang cenderung normal, namun makanan yang proses cernanya cepat akan berfermentasi dan menciptakan gas.

Coba hindari konsumsi makanan berprotein seperti daging dan kacang-kacangan bersamaan dengan makanan berpati seperti nasi dan kentang.

Namun sebaliknya, sayuran akan cocok dikonsumsi bersamaan dengan protein atau bisa pula sayuran dikombinasikan bersama makanan berpati.

Berlutut Sejenak

Jika Anda tidak mempunyai keluhan pada persendian lutut dan pinggang, Anda bisa mencoba trik ini.

Cobalah lakukan gerakan berlutut sejenak, hal ini untuk meredakan gas berlebih yang ada di perut.

Berdasarkan akupuntur Tionghoa kuno, tubuh manusia memiliki energi yang kuat yang mengalir di sepanjang tulang kering. Energi inilah yang akan mendukung proses pencernaan makanan agar bisa dicerna dengan baik.

Caranya adalah dengan berlutut dengan posisi tulang kering kaki menyentuh tanah. Lakukan dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama.

Berjalan Kaki Atau Melakukan Yoga

Kalau Anda memiliki waktu luang, cobalah tips meredakan kembung dengan berjalan kaki atau melakukan gerakan yoga.

Saat nafas menjadi teratur, imbasnya sistem pencernaan akan menjadi rileks dan gas berlebihan akan menghilang dengan sendirinya. Trik ini akan meredakan perut kembung tentunya dengan cara yang praktis dan pasti alami.

Memberikan Pijatan Pada Perut

Pijatlah perut Anda selama kurang lebih lima belas menit, hal ini dipercaya dapat membantu mengatasi keluhan perut kembung. Tak cukup disitu, hal ini juga diyakini mampu mengurangi depresi dan gangguan kecemasan.

Lakukan pemijatan searah jarum jam, pada bagian bawah perut. Hal ini untuk mempercepat proses mencerna makanan dan segera dikirimkan ke anus. Sehingga, tidak terjadi penumpukan gas di dalam perut yang dapat menyebabkan kembung.

Semoga tips mengobati perut kembung di atas dapat berguna bagi pembaca, yang kebetulan sedang mengalami keluhan perut kembung. Dan, tak lupa pula penulis menyarankan agar kita senantiasa menjaga kesehatan diri dan lingkungan kita, agar dapat terbebas dari segala penyakit yang dapat mengganggu kehidupan sehari – hari kita.

Mari Meraih Sehat Bersama

 

 

3 thoughts on “Cara Mengobati Perut Kembung Secara Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *