Wednesday, October 17, 2018

Cara Mengobati Anyang Anyangan Secara Alami Dan Bahan Kimia

Cara Mengobati Anyang Anyangan Secara Alami Dan Bahan Kimia | Pernahkah dalam suatu waktu, ketika buang air kecil, anda merasakan panas dan nyeri ? Ya, hal itu biasa disebut anyang anyangan. Tapi, tahukah anda apasih anyang anyangan itu ? Apakah berbahaya, dan bagaimana cara menyembuhkannya ? Semua akan dikupas tuntas disini.


Apa itu Anyang Anyangan ?

Anyang anyangan merupakan suatu kondisi kandung kemih yang tidak biasa. Hal ini biasa disebabkan oleh infeksi pada saluran kemih (ISK) atau karena ada penyebab selain itu. Dalam kondisi seperti ini, biasanya seseorang akan dibayangi rasa tidak nyaman atau seolah ingin kencing terus. Dan juga biasa disertai dengan rasa sakit, ketika kita sedang melakukan buang air kecil. Bahkan dibeberapa kasus kadang kencing bercampur dengan darah.

Anyang anyangan bisa dirasakan oleh pria maupun wanita. Bisa dialami oleh berbagai usia, mulai dari anak balita hingga ibu hamil juga bisa merasakan anyang anyangan. Lama waktu penyembuhan anyang anyangan juga bervariasi, bisa sehari bahkan bisa berhari – hari. Dan, tentu saja banyak sekali penyebab terjadinya anyang anyangan, untuk sebabnya akan kita ulas pada artikel penyebab anyang anyangan.

Nah, jika sekarang kebetulan anda sedang mengalaminya, maka berikut akan kami ulas solusi mengobati anyang anyangan. Tentunya dengan beberapa metode yang semoga salah satunya bisa berguna bagi Anda.

Mengobati Anyang Anyangan Secara Alami

Melakukan Pijat Refleksi / Memijat Telapak Kaki

Tips pertama yang bisa anda coba untuk mengatasi anyang anyangan adalah dengan melakukan pijat refleksi. Dengan memijat bagian telapak kaki, akan berkhasiat bagi tubuh kita untuk merangsang kebutuhan buang air kecil. Sehingga, tentu air seni bisa segera dikeluarkan.

Coba lakukan pemijatan secara vertikal di area tengah telapak kaki. Lakukan juga pemijatan pada area ibu jari kaki dan jari tengah. Pijat kedua telapak kaki anda, dengan gerakan yang teratur dan secara lembut. Hal ini mampu meredakan anyang anyangan, dan pada beberapa kasus anyang anyangan bisa teratasi.

Namun, jika anda merasa belum puas atau bahkan kesulitan dalam melalukan pemijatan sendiri, panggil tukang pijat. Cobalah panggil tukang pijat urat, yang mengerti alur saraf pada anggota tubuh.

Perbanyak Minum Air Putih


Setiap hari, kita dianjurkan untuk meminum air minimal 8 gelas per hari. Tentu hal itu bukan tanpa alasan, karena air putih terbukti mempunyai manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh. Dan, nyatanya air putih juga berguna untuk mengatasi banyak gangguan yang dapat menyebabkan anyang anyangan. Bahkan penulis, kadang juga merasakan hal ini. Saat penulis kurang cukup minum air, ketika buang air kecil rasanya sakit, berat dan cenderung panas.

Ternyata mengkonsumsi air putih juga efektif untuk mengatasi sakit kepala.

Mendengar Gemercik Air

Terapi mendengarkan gemercik air bisa sangat ampuh untuk mengobati anyang anyangan. Caranya adalah, masuklah ke dalam kamar mandi, lalu nyalakan kran air dengan volume yang sangat kecil. Dengarkan setiap tetes demi tetes air yang mengalir dari bibir kran. Lakukan hal ini secara rutin, hal ini akan segera mengatasi anyang anyang yang anda alami.

Meminum Air Rebusan Sirsak

Dibalik segala manfaat buah sirsak, ternyata buah sirsak memiliki khasiat untuk mengobati anyang anyangan. Pertama, siapkan buah sirsak yang sudah matang. Setelah itu cuci hingga bersih, kemudian rebus buah tersebut dengan campuran air putih dua gelas dan tambahkan gula sesuai selera manis anda.

Masak air rebusan buah sirsak ini dengan aip kecil. Setelah mendidih saring air rebusan buag sirsak dan segera minum selagi masih hangat. Hal ini merupakan cara yang sangat jitu, untuk segera bisa mengatasi anyang anyang yang kamu alami.

Meminum Air Jeruk Nipis Hangat

Siapkan satu gelas air yang sudah dimasak, pastikan air masih dalam keadaan hangat. Kemudian belah jeruk nipis dan peras masing – masing potongan ke dalam segelas air hangat tadi. Agar air tidak terlalu berasa asam, tambahkan gula sesuai selera. Minum selagi masih hangat ketika anda sedang mengalami anyang anyangan.

Kandungan vitamin dalam jeruk nipis bisa mengatasi anyang anyangan.

Mengikat Jempol Kaki dengan Karet Gelang

Ingatkah anda ketika kecil sering kali melakukan hal konyol seperti mengikat jari jemari dengan karet ? Ternyata, kebiasaan konyol tersebut memiliki manfaat yang tidak terkira. Ya, meskipun penulis belum membuktikan hal tersebut secara langsung, setelah baca beberapa artikel ternyata sudah banyak yang telah membuktikan kemanjurannya.

Ikat leher jempol kaki anda dengan karet dengan kuat, hingga ibu jari menjadi berwarna putih pucat. Itu menandakan peredaran darah anda berhenti mengalir. Lakukan hal tersebut selama lima sampai lima belas menit, anyang anyangan akan sembuh dengan sendirinya.

Ramuan Tradisional

Ramuan pertama, siapkan dua buah kulit semangka segar, 60 gram rambut jagung, serta 60 gram alang – alang segar. Cuci bersih semua bahan dan rebus dengan air 400 cc, minum dua kali sehari.

Ramuan kedua, siapkan 30 gram tumbuhan kumis kucing yang segar dan 30 gram meniran segar. Cuci bersih semua bahan lalu rebus menggunakan air 600 cc. Saring dan minum sebanyak dua kali sehari.

Ramuan ketiga, siapkan 30 gram daun belimbing manis segar dan 30 gram daun keji beling segar. Cuci bersih dan rebus dengan air sebanyak 600 cc, sisakan setengahnya. Minum dua kali sehari.

Ramuan keempat, 30 gram daun cocor bebek dan 7 buah lembar daun alpukat. Rebus semua bahan menggunakan air 700 cc, minum dua kali sehari.

Ramuan kelima, 30 gram semanggi, 30 gram sawi yang masih segar, dan juga 30 gram gula pasir. Cuci bersih semua bahan, kemudian rebus dengan air sebanyak 600 cc. Campur gula pasir lalu minum dua kali sehari.

Mengobati Anyang Anyangan Dengan Bahan Kimia

Antibiotik

Untuk memastikan adanya infeksi pada saluran kemih ( ISK ), harus dilakukan beberapa pemeriksaan medis untuk menemukan adanya bakteri. Pemeriksaan tersebut diantaranya, pemeriksaan urine lengkap dan kultur urine untuk mengetahui bakteri penyebab infeksi secara spesifik. Agar, dapat dianalisa penggunaan atau penentuan antibiotik yang tepat, disesuaikan tingkat keparahan, jenis bakteri, dan tempat terjadinya infeksi.

Antibiotik Oral digunakan sebagai pengobatan awal dan pula pengobatan lanjutan. Seharusnya gejala ISK bisa membaik dalam waktu dua sampai tiga hari. Jenis antibiotik oral diantaranya sefalosporin, sulfametoxazole-trimethoprim, amoksisilin, ampisilin atau nitrofurantoin dan lain – lain.

Antibiotik Intravena digunakan dalam kasus infeksi yang lebih parah. Semisal, terjadi infeksi pada ginjal, dehidrasi yang cukup parah, kekebalan tubuh menurun, ada dalam keadaan hamil atau sedang demam. Beberapa contoh antibiotik Intravena diantaranya ceftriaxone, tobramycin atau gentamicin.

Air Soda atau Soda Susu

Kalau tips yang satu ini murni dari riset yang dilakukan oleh penulis sendiri. Kadang kala, ketika timbul rasa kebelet kencing tapi tidak bisa kemana – mana, sehingga ketika tiba waktunya kencing malah susah keluar. Nah, air soda atau susu soda penulis gunakan sebagai solusi memperlancar air kencing.



Namun, tips ini tidak penulis rekomendasikan untuk terlalu sering dilakukan. Karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda juga tidak baik bagi kesehatan.

Obat Methenamine

Jika anda mengunjungi dokter, anda akan dibekali obat ini untuk penyembuhan. Obat ini berguna dalam memproduksi formaldehid, sehingga mengakibatkan menekan peningkatan resistensi urin.
Mengoleskan Balsem ke Pusar
Sebenarnya ini hanyalah sugesti, namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Setelah anda mengoleskan balsem di area sekitar pusar, rasa panas atau pedas akan terasa di bagian tersebut.

Sebenarnya anyang anyangan dapat dicegah dengan berbagai cara. Artikel pencegahan anyang anyangan bisa anda baca pada pembahasan mencegah anyang anyangan berikut.

Semoga beberapa langkah di atas mampu mengobati anyang anyangan yang anda alami. Dan tetap jaga kebersihan dan kesehatan diri dan lingkungan anda.

Mari bersama kita meraih sehat.


EmoticonEmoticon

Visit Meraih Sehat Blog